Header Ads

Kuliner Khas Kota Rembang Jawa Tengah

Kota Rembang merupakan Ibu Kota Kabupaten Rembang di Jawa Tengah, sebuah kota kecil yang terletak di pantai utara pulau Jawa. Kota Rembang ini memiliki nilai historis tinggi perkembangan kota di Indonesia, kepahlawanan dan perekonomiannya. Selain memiliki nilai historis tinggi, Kota Rembang juga memiliki ragam kuliner khas untuk dinikmati. Berikut ini adalah ragam kuliner Khas Kota Rembang dan sekitarnya yang populer:


Lontong Tuyuhan di Kawasan Kuliner Lontong Tuyuhan Rembang
Lontong Tuyuhan ini hanya ada di Rembang, lebih tepatnya di desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang. Konon katanya cita rasa dari lontong Tuyuhan ini tidak akan sama jika di masak di luar daerah Tuyuhan. Menurut masyarakat sekita Rembang percaya jika yang menbuat Lontong Tuyuhan itu menjadi nikmat adalah air dari desa Tuyuhan tesebut. Untuk menikmati lontong Tuyuhan di Kota Rembang, kamu bisa mengunjungi Kawasan Kuliner Lontong Tuyuhan. Di kawasan itu terdapat banyak sekali penjual Lontong Tuyuhan yang dapat kalian pilih. Semuanya sama nikmatnya. Ohya harga Lontong Tuyuhan ini berada di kisaran Rp 20.000 per posinya. Jangan khawatir, porsinya adalah porsi besar jadi dijamin kamu akan puas menyantapnya. 



Sate Srepeh
Kuliner Khas Rembang selanjutnya adalah Sate Srepeh. Sate Srepeh ini meupakan sate yang unik dan tebilang bebeda dengan sate pada umumnya. Sate Srepeh ini adalah sate ayam dengan bumbu yang memiliki wana kekuningan, bersantan dan lebih encer dari kebanyakan bumbu sate pada umumnya.


Rumah Makan Seafood Hien
Kota rembang dikenal dengan kawasas pantai utara Jawa. Jadi, pastilah menjadi tempat yang pas untuk kalian menikmati aneka makanan khas laut. Di Rembang, ada salah satu rumah makan seafood yang cukup popler di sana, rumah makan tersebut bernama Seafood Hien. Di Rumah Makan Hien ini, kalian dapat memilih aneka masakan laut yang dijamin akan menggenyangkan anda. Jangan takut soal rasa, di Rumah Makan Hien ini sudah terjamin rasa dan kenikmatannya. Bagi kalian penggila Seafood wajib hukumnya untuk mampir ke sini.


Foto : deviyuzi


Warung Makan Mrico Bu Wadji
Salah satu makanan khas Rembang yang wajib kalian coba adalah Sayur Mrico. Terutama bagi kalian yang suka makanan pedas, sayur ini bisa kalian buru dan kalian nikmati. Sayur Mrico sendiri olahan sayur pedas yang dipadu padankan dengan daging ikan yang nikmat. Salah satu primadona dari sayur Mrico adalah ketika di padukan dengan ikan manyung. Dijamin akan menggugah selera makanmu. Harga Sayur Mrico di warung Bu Wadji ini berkisar antara Rp 20.000 per porsi. Warung Bu Wadji ini salah satu warung makan legendaris di Rembang yang sudah Buka sejak tahun 1985. Sangking enaknya terbukti hingga sekarang warung ini masih eksis.


Foto : @pinkersxp

Rumah Makan Praukuno Rembang Jika kalian ingin menikmati makanan dengan semilir pantai pantura mungkin Rumah Makan Praukuno ini bisa jadi pilihan yang tepat ketika kalian mengunjungi Kota Rembang. Di Rumah Makan Praukuno ini kalian bisa menyantap aneka jenis makanan dari makanan tradisional sampai seafood juga tesedia di Rumah Makan Praukuno ini. Konsep yang ditawarkan juga cukup menarik, dengan tema outdoor dan bangunan Jawa Klasik bisa kalian temukan ketika mengunjungi Rumah Makan Praukuno. Untuk soal rasa, rumah makan ini memiliki reputasi yang baik dimata pengunjungnya, pasti dijamin enak dan nikmat. Terbuki tempat selalu full.



Foto : @praukuno

Masakan Jawa Rumah Makan Bu Joyo
Ingin cari gudeg atau masakan jawa lainnya di Kota Rembang ?
Tidak usah khawatir, kalian bisa mampir di Rumah Makan Bu Joyo untuk bisa menikmati aneka makanan khas Jawa. Tidak hanya Gudeg Istimewa yang bisa kalian nikmati di Rumah Makan Bu Joyo ini. Kalian juga bisa memesan makanan seperti Rawon, Tahu Telor, Bistik dan lainnya. Banyak pilihan yang dapat kalian pilih di Rumah Makan Bu Joyo membuat kalian mudah untuk memilih berbagai macam menu. Lokasinya yang mudah di akses juga menjadi nilai tambah Rumah Makan Bu Joyo ini.


Sumber Foto : tripadvisor.com


Balkon Coffee Rembang
Jika tadi kita sudah menelusuri makanan khas Rembang. Sekarang saatnya kami akan memaparkan beberapa tempat nongkrong di Rembang yang asik untuk kalian kunjungi. Cafe pertama yang harus kalian kunjungi adalah Balkon Coffee Rembang. Cafe dengan konsep vintage tapi tetap nyaman untuk digunakan berkumpul bersama sahabat atau teman teman dekat kalian. Tempat yang strategis membuat Balkon Coffee Rembang ini menjadi  salah satu tempat nongkrong favorit anak muda Rembang. Di Balkon Coffee ini menyediakan aneka Kopi dan tidak ketinggalan juga camilan makanan ringan untuk menemani kalian berkumpul bersama teman-teman.


Sumber Foto : @balkon_coffee

Sirup Kawista
Untuk yang satu ini bukan tempat makan atau tempat nongkrong melainkan tempat membeli oleh-oleh khas Rembang yaitu sirup Kawista. Sirup ini adalah salah satu minuman khas dari kota Rembang. Salah satu cara mendapatkan sirup ini yaitu kalian dapat membelinya di Toko Kawis. Kenikmatan sirup ini hanya dapat kalian temukan di Rembang. Karena pohon Kawis ini hanya tumbuh di sekitaran daerah kota Rembang saja. Rasanya yang segar seperti soda akan membuat kalian ketagihan.


sumber : @lilis.arianto

temporary from: http://www.wisataindonesia.xyz