Header Ads

Memilih Jenis Lantai Sesuai Fungsi Ruang

Agar tercapai kenyamanan, para pemilik rumah sebaiknya jeli dalam memilih jenis lantai sesuai fungsinya. Beberapa hal yang diperhatikan dalam memilih jenis lantai  pada ruang berikut ini:


Kamar mandi
Pemakaian ubin keramik pada kamar mandi sangat membantu menjaga kebersihan kamar mandi tersebut. Hal ini karena sifat keramik yang permukaannya anti air (daya serap airnya kecil) sehingga mudah sekali pemeliharaan dan pembersihannya.

Dapur
Permukaan keramik tahan terhadap goresan pisau dan panas (api). Sehingga pemasangan keramik di ruang masak dan tempat kompor tidaklah menjadi masalah. Minyak, lemak serta kotoran lainnya juga mudah dibersihkan. Selain itu pemasangan keramik di dapur dapat menghilamgkan suasana yang terkesan kotor.

Tangga dan anak tangga
Anak tangga seringkali merupakan bagian bangunan yang paling cepat mengalami kerusakan, karena lebarnya yang relatif sempit dan sering dilewati. Pemasangan keramik pada anak tangga akan memperpanjang usianya. Namun perlu diperhatikan dalam pemilihan jenis keramik yan memiliki tekstur antislip, Secara umum, ubin keramik dapat dipasang pada hampir semua bagian ruang. Selain memiliki peran fungsional, ubin keramik juga memiliki peran menambah estetika ruang. 
(Ariani NS)