Header Ads

KEREN BERSEPEDA ATAU BERSEPEDA MOTOR ?

Dewasa ini banyak sekali transportasi yang memudahkan kita untuk bepergian kemana saja dengan cepat. Salah satunya adalah sepeda motor, hanya bermodalkan bensin sepeda motor dapat mengantarkan kita ketempat tujuan kita, baik yang dekat maupun jauh termasuk kampus konservasi UNNES. Namun pernahkah kita memikirkan dampak negatif dari penggunaan sepeda motor? Salah satu dampak negatif dari penggunaan sepeda motor yang sangat mengganggu adalah polusi udara. Asap dari kendaraan bermotor mengandung banyak zat yang dapat merusak lingkungan salah satunya adalah emisi karbon monoksida yang dapat menimbulkan pemanasan global yang menyebabkan kenaikan temperatur dipermukaan bumi atau lebih sering dikenal dengan Global warming. 

Salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk mengurangi pencemaran udara adalah dengan menggunakan alat transportasi ramah ligkungan seperti sepeda. Saat bepergian dengan jarak yang tidak terlalu jauh atau dekat. Dengan menggunakan sepeda berarti kita ikut peran serta dalam upaya penyelamatan dunia dari kerusakan akibat polusi. Apabila kita menggunakan sepeda, ini berarti kita telah berupaya mengurangi dua polusi sekaligus, yaitu polusi yang disebabkan asap kendaraan bermotor dan polusi suara yang disebabkan oleh suara kendaraan bermotor yang brisik. Dengan menggunakan sepeda efek rumah kaca penyebab global warming yang terjadi dibumi ini pun akan berkurang secara berkelanjutan sedikit demi sedikit. Selain menyebabkan polusi asap kendaraan bermotor juga dapat mengganggu kesehatan diantaranya sesak nafas dan ISPA (Infeksi saluran Pernapasan atas).

Keuntungan lain dari bersepeda adalah menghemat biaya. Karena sepeda tidak membutuhkan bahan bakar dan oli pelumas seperti pada kendaraan bermotor, hal ini juga termasuk penghematan BBM yang persediaannya tinggal sedikit. Apabila kita parkir sepeda di tempat perbelanjaan dan ditempat lainnya sepeda dibebeskan dari biaya parkir. Angka pencurian sepeda lebih kecil daripada angka pencurian sepeda motor.
Keuntungan lain dari bersepeda adalah terletak pada segi kesehatan. Dengan bersepeda dapat meningkatkan suasana hati, karena bersepeda memberi kesenangan dan kepuasan tersendiri sehingga dapat mengatasi kecemasan, stres dan depresi. Bersepeda membuat seseorang kelihatan 10 tahun lebih muda hal ini karena bersepeda menghilangkan kerutan tanda-tanda penuaan. Kehebatan lain dari bersepeda adalah dapat mencegah penyakit jantung, hal ini bedasarkan studi yang dilakukan oleh Britis Medical Association menemukan bahwa bersepeda sejauh 20 mil dalam seminggu dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner sebesar 50 persen.
Jadi bagaimana menurut anda, keren mana bersepeda atau berseda motor?

Setelah mengetahui manfaat bersepeda tentu kita dapat menjawab pertanyaan diatas dengan tepat. Oleh karena itu, mari kita buat udara segar disetiap hari di lingkungan kita. Mulai dari saya, anda, keluarga dan Indonesia.

Kontributor:

Irfayanto(5401415029) Indra Adi Sukma (5202415083) Nusbatun solekah (5401415033) Riki Nor Safitri (5401415021)