Header Ads

GREEN WORLD WITHOUT PAPER

Universitas Negeri Semarang atau yang lebih sering disingkat menjadi UNNES merupakan sebuah universitas negeri di Semarang dengan moto "Kampus Konservasi". UNNES pun menerapkan 7 kebijakan untuk menggalakan moto konservasinya itu, salah satunya adalah kebijakan nir kertas. Kebijakan nir kertas ini adalah sebuah kebijakan yang seharusnya para civitas academica UNNES mengurangi jumlah atau bahkan tidak menggunakan kertas sama sekali.



Walaupun begitu, masih banyak sekali para civitas academica UNNES yang masih menggunakan kertas, seperti misalnya ketika dosen menyuruh para mahasiswanya untuk mencetak tugas mereka dan mengumpulkannya untuk diperiksa.
Padahal, di zaman yang sudah modern ini dosen seharusnya dapat menggunakan fasilitas email yang sudah disediakan oleh kampus untuk mengumpulkan tugas mahasiswanya, dengan begitu penggunaan kertas dapat dikurangi, dan tugas dosen pun menjadi lebih ringan. Lagi pula kebijakan nir kertas ini pun memiliki keuntungan lain, seperti misalnya berkurangnya jumlah pohon yang ditebang untuk pembuatan kertas dan mengurangi limbah kertas.

Kontributor:
Annisa Maharani R (3312415063), Zakiyatul Matsaniyah (5201415041), Ahmad Ihwan (5402415064), Nanang Sopyan R (5202415081)