Header Ads

SAMPAHKU, SAMPAHMU, SAMPAH KITA

Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan salah satu kampus yang mencancangkan konservasi, Konservasi adalah upaya pelestarian lingkungan, tetapi tetap memperhatikan manfaat yang dapat diperhatikan saat itu dengan cara memperhatikan keberadaan setiap komponen lingkungan untuk pemanfaatan masa depan. Tujuan utama konservasi, menurut ”Strategi Konservasi Sedunia” (World Conservation Strategy) ada tiga, yaitu : memelihara proses ekologi yang esensial dan sistem pendukung kehidupan, mempertahankan keanekaan genetis dan menjamin pemanfaatan jenis (spesies) dan ekosistem secara berkelanjutan. Tempat yang kita gunakan untuk pembuatan artikel berlokasi di sekitar Perpustakaan UNNES, kita memilih tempat itu karena tempatnya bagus dan hijau. 
DI sekitar lingkungan Perpustakaan UNNES yang tempatnya bagus dan hijau. namun, disana banyak sampah khususnya sampah organik yang berserakan dimana-mana. Di sekitar Perpustakaan banyak dikunjungi mahasiswa tetapi mereka kurang sadar akan kebersihan lingkungan sekitar yang menyebabkan lingkungan kurang terawat.

Kemampuan mahasiswa untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa metode atau cara sebagai berikut:
1. Melakuakan Metode Pembuangan dan Penimbunan
Metode ini adalah metode paling populer di dunia. Penimbunan ini biasanya dilakukan di tanah yang tidak terpakai, lubang bekas pertambangan, atau lubang lubang dalam. Sebuah lahan penimbunan darat yang dirancang dan dikelola dengan baik akan menjadi tempat penimbunan sampah yang higenis dan murah.

2. Melakukan Metode Daur-ulang
Proses pengambilan barang yang masih memiliki nilai dari sampah untuk digunakan kembali disebut sebagai daur ulang. Ada beberapa cara daur ulang yaitu pengambilan bahan sampah untuk diproses lagi atau mengambil kalori dari bahan yang bisa dibakar untuk membangkitkan listrik.

3. Melakukan Metode Penghindaran dan Pengurangan
Sebuah metode yang penting pengelolaan sampah adalah pencegahan zat sampah bentuk atau dikenal juga dengan “Pengurangan sampah” metode pencegahan termasuk penggunaan kembali barang bekas pakai, memperbaiki barang yang rusak, mendesain produk supaya bisa diisi ulang atau bisa digunakan kembali, mengajak konsumen untuk menghindari penggunaan barang sekali pakai, mendesain produk yang menggunakan bahan yang lebih sedikit untuk fungsi yang sama. Harapan kita sebagai mahasiswa kita harus lebih sadar terhadap lingkungan sekitar, lingkungan yang kumuh itu bisa mengganggu konsentrasi belajar mahasiswa dan mengurangi keindahan suatu tempat khususnya di UNNES . Marilah mulai dari sekarang tanamkan jiwa konservasi pada diri kita masing-masing dan tetaplah semangat untuk menggapai prestasi setinggi mungkin.

Kontributor: Imas (3401415061), Zaka (5202415061), Ayub (5202415065), Enno (7311415176)