Tuesday, December 16, 2014

Mengenal Keramik Lantai Berdasarkan Lapisan Bahannya

Keramik merupakan salah satu material yang dapat diterapkan pada lantai rumah atau bangunan yang lain. Berdasarkan lapisan bahannya, keramik dapat terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:

Keramik yang mempunyai lapisan glasir (glazed)
keramik berglasir merupakan jenis keramik yang paling banyak terdapat di pasaran. Lapisan  glasir diaplikasikan dengan temperatur tinggi sehingga menyatu dengan adan keramik. Lapisan ini yang membuat motif desain dan tekstur keramik, Lapisan glasir membuat keramik tahan air, tahan api dan mudah dibersihkan karena sangat padat dan tidak berpori



Keramik homogenious tanpa lapisan glasir (unglazed)
Keramik jenis ini sudah teradapat dalam bermacam-macam desain. Tidak ada lapisan apa pun yang diaplikasikan pada keramik. Pencampuran bahan utama dan motif keramik dilakukan sejak awal sebelum pembentukan sehingga ada kesatuan warna antara bagian permukaan dan belakang. Permukaan keramik mengkilat dengan cara di-polish. Keramik jenis ini biasanya lebih tebal, keras dan lebih tinggi kekuatannya daripada keramik berglasir. Keramik jenis ini cocok untuk tempat yang ramai dengan aktivitas tinggi.
(Ariani NS)