Header Ads

Pandangan Hunian Minimalis

Minimalis dipandang sebagai konsep yang tepat untuk diterapkan di hunian mungil dengan segala keterbatasan yang ada. Hal ini sesuai dengan prinsip-prinsip konsep minimalis yang bertema functionalism (fungsional), clarity (kejelasan) dan simplicity (kesederhanaan). Desain-desain yang muncul seharusnya dapat menonjolkan fungsi dalam kesederhanaan.
Hunian minimalis secara umum memiliki karakter: 

Arsitektur yang tegas
Hunian minimalis banyak menggunakan permainan bidang geometris dan garis tegas. Geometris yang umum diterapkan adalah bentuk kotak-kotak dengan segala variasinya, bahkan bentuk lengkungpun sangat jarang kita temukan. Bentuk bangunan merupakan hasil permainan tambah kurang dari bentuk kubus dan balok. Pada hunian minimalis juga tidak akan ditemukan profil maupun bentuk natural organik.

Dominasi material dari batu
Hunian minimalis memiliki tren penggunaan material batu dibandingkan material kayu. Selain material batu, tekstur batu juga dapat mewakili bentuk hunian minimalis. 
 
Salah satu hunian mungil berkonsep minimalis yang saat ini lazim dijumpai di kawasan perumahan mengedepankan bentuk-bentuk geometri tegas dengan nuansa batu alam yang begitu kental.

Penggunaan furnitur minimal
Penggunaan furnitur hanya dalam batas fungsional saja dan bersifat penting untuk tiap-tiap ruang. Dalam hunian minimalis hampir meninggalkan furnitur yang bersifat artifisial atau hiasan semata. Mungkin ada beberapa jenis koleksi yang dipajang, namun furnitur tempat pajangan memiliki fungsi lebih dari furnitur display yaitu juga sebagai storage.

Permukaan yang bersih
Bersih permukaan di sini bermakna tidak mudah menyimpan kotoran semisal debu pada permukaan material/furnitur. Dalam arti lain, bersih di sini berarti bebas dari penggunaan ornamen-ornamen organik semisal ukiran pada permukaan material yang rentan menyimpan debu.

Adanya aksen
Aksen dapat dikatakan sebagai sebuah sentuhan ruang, di mana ruang minimalis yang bersih, tegas, sederhana dan cenderung monoton akan terlihat lebih dinamis dan tidak membosankan. Aksen dapat dicontohkan dengan memberikan warna kontras pada sudut-sudut tertentu, mengolah pencahayaan titik-titik tertentu yang berbeda dengan bagian ruang yang lain, dan sebagianya. 
 
Aksen yang dimunculkan hunian minimalis berupa tower berwarna pink diantara elemen eksterior lainnya menjadi point of interest hunian ini

Mengutamakan kualitas daripada kuantitas
Upaya untuk menggunakan furnitur-furnitur fungsional dengan maksimal dan meminimalkan penggunaan furnitur yang sekedar estetis sangat kental diterapkan pada prinsip hunian minimalis. Furnitur yang memiliki fungsi storage lebih menjadi bagian elemen ruang yang ada dalam hunian minimalis. Inilah yang dinamakan sebagai kualitas fungsi, daripada sekedar banyak barang dengan minimum fungsi. Kelebihan prinsip ini adalah perawatan furnitur lebih ringan, karena ruang berisi sedikit furnitur.