Header Ads

Overlapping : Tata Elemen Ruang Terbatas

Seringkali karena sangat terbatasnya ruang yang ada pada hunian mungil, terjadi penggusuran satu ruang dan diganti dengan ruang baru yang lain. Hal ini tentu akan timbul kerugian karena boleh jadi ruang yang lama sebenarnya masih dibutuhkan.

Satu langkah solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan teknik overlapping ruang. Overlapping ruang diharapkan mampu menjadi solusi permasalahan ini. Dengan overlapping, satu ruang dapat menumpuk dengan ruang lain tanpa harus mengorbankan salah satu ruang yang ada. Orientasi overlapping adalah secara vertikal.

Teknik overlapping ini sebenarnya sama dengan teknik bangunan ½ tingkat, dimana hanya beberapa ruang yang mengalami peningkatan. Overlapping juga menjadi solusi pembangunan hunian dengan kondisi lahan beda tinggi yang cukup besar dalam 1 kapling dan tidak dimungkinkan pembangunan hunian dengan cara datar 1 lantai.



Kemungkinan-kemungkinan ruang-ruang yang dioverlapping antara lain:


 
Contoh overlapping ruang dapat dilihat pada gambar berikut:



Overlapping ruang membuat pemakaian lahan terbatas menjadi lebih efisien. Dalam overlapping ruang, hendaknya memperhatikan kebutuhan ruang vertikal sebagai pertimbangan untuk menetapkan tinggi ruang.

Tips melakukan overlapping ruang untuk hunian mungil:
  • Perhatikan kondisi lahan dimana hunian didirikan
  • Cermatilah ruang-ruang yang dapat dioverlapping dengan ruang baru lainnya
  • Ukurlah kebutuhan tiap ruangnya, menyangkut luas dan ketinggiannya
  • Tentukan ruang dengan pertimbangan ruang privat pada bagian tertutup dan ruang publik pada bagian terbuka
  • Perhatikan akses masuk masing-masing ruang yang overlapping, apakah melalui satu akses yang sama atau berbeda.