Header Ads

Koefisien Dasar Bangunan Hunian

Koefisien Dasar Bangunan ( KDB ) adalah prosentase perbandingan luas lantai dasar bangunan dengan luas lahan / daerah perencanaan yang dikuasai. Aturan ini sama halnya dengan memperhatikan luas bangunan yang akan dibangun dengan perbandingan lahan. Misalnya luas lahan 100 m2 dan KDB 80% maka luas dasar bangunan yg akan dibangun adalah 80% x 100 = 80 m2.

Di setiap daerah atau kawasan, pemerintah dapat menetapkan aturan KDB yang berbeda. Hal ini didasarkan kepada kepentingan kawasan dengan fungsi tertentu serta menjaga kenyamanan dan keramahan lingkungan. Faktor resapan air tanah juga turut memberi andil bagi penerapan aturan yang lebih ketat. Misalnya di setiap daerah pinggir kota memilki perbandingan sebesar 30% - 40% luas tanah sebagai ruang terbuka hijau.


Prosentase perbandingan antara luas lantai dasar bangunan (warna kuning) dan luas total adalah koefisien dasar bangunan.

Perhitungan KDB hanya pada prosentasi luas lantai dasar dan luas lahan saja, meskipun bengunan memiliki lebih dari satu lantai.