Header Ads

Kaca - Material Plafon

Memasukkan unsur penerangan alami dari cahaya matahari adalah penting, selain menjadikan hemat listrik juga untuk menciptakan ruang yang sehat. Untuk mewujudkan hal tersebut, langkah yang ditempuh adalah dengan membuat bukaan (jendela) yang cukup pada rumah. Selain bukaan, cara lain yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan plafon bermaterial kaca transparan, sehingga cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruangan dengan bebas.
 
Plafon kaca atau dalam dunia arsitektur biasa disebut dengan skylight, karena cahaya yang kita dapat asalnya dari langit-langit, atau plafon rumah kita. Fungsi plafon kaca ini sebagai ventilasi cahaya pada bagian atas bangunan rumah. Selain agar cahaya masuk, penggunaan plafon kaca ini bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih indah yaitu pemandangan langit dapat dinikmati dari ruang dalam.Pemasangan plafon kaca tidak boleh dipasang dengan asal-asalan, terutama perhitungan penempatannya secara tepat, agar suhu di dalam rumah tidak menjadi lebih panas khususnya pada siang hari.



Rangka yang digunakan harus kuat, kokoh dan terbuat dari logam. Ada baiknya jika kaca yang dipilih dilapisi dengan kaca film atau kaca buram. Penggunaan kaca film di sini sangat penting untuk keamanan penghuni rumah jika terjadi hal yang buruk seperti kaca pecah, karena kaca film bisa membuat kaca yang pecah tidak berhamburan ke mana-mana dan melukai orang di sekitarnya. Pilihlah kaca film yang kualitasnya baik demi keamanan sehingga selain mendapat cahaya yang cukup, pemandangan yang indah, estetika rumah meningkat dan juga aman.
Gambar: berbagai sumber